Selasa, 18 November 2014

Serunya Menjadi Anak Kosan


Gue mau cerita pengalaman menjadi anak kosan. Awalnya gue jadi anak kos itu sekitar tahun 2014 bulan maret, ya masih terbilang baru sih ya. Sekrang gue berkuliah di salah satu universitas swasta di Bekasi. Gak tau kenapa rasanya pengen aja belajar mandiri, dan jadi anak kostan itu enak mulai dari bangun sampai siang, bersantai-santai dan mau ngapain aja gak jadi masalah. Dan lokasi kosan lumayan dekat dengan kampus hanya perlu waktu sekitar 10 menit dengan naik kendaraan umum untuk menuju kampus. Banyaknya teman kostan dari berbagai daerah membuat gue belajar arti budaya, kebiasaan, dan bahasa. Menurut gue ini sangat seru apalagi ketika liburan tiba, kita semua pulang ke daerah masing-masing dan saat bertemu kembali kita saling bertukar oleh-oleh khas dari daerah masing-masing.

Untuk akrab dan bisa dekat dengan sesama penghuni kos membutuhkan proses. Namun dengan seiringnya waktu dengan kedekatan kita, dengan rasa kebersamaan, dan kekompakan rasa kekeluargaan pun tercipta. Kita jadi sering makan bareng, belanja ke pasar bereng kebetulan di kosan gue di sediakan kompor untuk memasak jadi lumayan kan bisa menghemat pengeluaran, oh iya di kosan gue juga di sediakan ruang khusus untuk kita nonton tv, dan peraturan di sini cukup ketat tamu laki-laki tidak di perbolehkan masuk ini gak membuat gue sedih, namun yang membuat gue sedih adalah ayah kandung pun tidak di perkenankan untuk masuk ke kosan ini. Hmmm, apa boleh buat ini kan peraturan jadi hraus kita taati bukan?

Terkadang dengan waktu kita yang banyak di kosan kadang membuat kita cepat merasa bosan, namun di sini gue punya tipsnya agar sbagai anak kosan kita tidak mudah bosan :
1. DVD
Pengen nonton film, tapi uang di dompet mulai menipis?  Ya udah, beli DVD aja dengan uang 5 ribu kita bisa nonton dengan ala-ala bioskop cukup asik bukan, di tambah dengan cemilan-cemilan yang kita punya kita bebas makan tanpa membeli cemilan di bioskop dengan harga yang cukup mahal.
2. Internet
Nah ketika kita bosan, dan pulsa pun gak ada kita bisa facebookan, twitteran geratis. Kita bisa chat semua temen-temen kita tanpa harus kahawtir menggunakan pulsa.
3. Game
Game  adalah hiburan yang sangat menyenangkan, kita bisa bermain game di laptop, maupun pada semartphone kita.

Jadi anak kosan itu kadang paling sedih kalo lagi kengen sama orang tua, karena kita jarang ketemu, perhatian yang kurang ya itu semua karena kita jauh. Ketika kondisi keuangan mulai meniipis alias tanggal tua dan belum dapet kiriman dari orang tua itu mengajarka gue gimana caranya bertahan hidup, mulai dari makan yang seadannya makan mie instan udah jadi kebiasaan anak kostan bisa di bilang makanan wajib hehe. Terkadang berfikir gimana caranya kita harus dapet uang tambahan, dengan jualan online pun udah gue coba ya lumayan yah buat ngisi pulsa. 

Dikosan gue punya sahabat namanya Ika, Kak Ocha, dan Mba Hilda.
Ika, adalah sahabat kosan gue yang sangat terobsesi ingin gemuk, meskipun dia makanya sampe berkali-kali namun badanya tetep aja kurus, dia satu kampus sama gue, cuman kita beda fakultas, letak kamarnya tepat di depan kamar gue. Dia oarang yang susah move on, kalo cerita pasti selalu nyeritain mantannya dan terkadang gue sampe bosen dengerinnya hehehe, ika anaknya asik paling enak buat di bully, anaknya pemalu dan penakut, terkadang dia bisa jadi super mom buat gue gimana engga kalo gue sakit pasti dia yang ngerokin badan gue hihi punya bakat jadi tukang urut kali yah.. Kita sering masak berdua keliatannya akrab namun kita sering beda pendapat haha. Tapi Cuma dia yang ngerti gue, selalu bantuin gue makasih ya ikaa, cepat move on !!!

Kak Ocha, Nih cewek imut yang berbadan kecil punya kulit yang putih berasal dari padang dia tetangga gue, alias kamarnya tepat di sebelah kamar gue hehe. Dia merupakan sesepuh bagi gue karena sikapnya yang selalu melindungi kami, dan super car. Kita selalu belanja bareng sampe berjam-jam bahkan kita pernah belanja di supermarket sampe jam 12 malam alhasil kita pulang jalan kaki karena gak ada angkutan umum, kita juga pernah nonton DVD sampe jam 5 pagi, dan kita juga punya sepatu kembaran loh...  Dia pernah keracunan tahu gejrot gara-gara gue ajakin makan yang begituan sampe sekarang dia trauma hihi...Seneng kalo belanja sama kak ocha kita bisa main sampe puas.

Mba Hilda, SPG cantik nan bohay hihi. Paling suka kalo liat dia ngomong karena kaya anak kecil. Dia baik, lembut.. Kalo gue laper gue paling hobby minta di masakin spaghetti sambil ngerengek-rengek dengan wajah sok imut gue bujuk dia sampe mau. Dengan catatan seslesai masak harus gue yang nyuci piring-piringnya hufff...

Nah beginilah cerita suka dan duka gue jadi naka kosan yang jauh dari orang tua, kita harus bisa belajr mandiri, dan belajar berbaur dengan orang-orang di sekitar kita, seru punya keluarga baru dan pastinya kita banyak belajar dari hal-hal seperti ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar