Selasa, 18 November 2014

Berjuang dan Tak ada Kata Untuk Menyerah



Tiga tahun SMA gue jalanin dengan penuh perjuangan. Setelah lulus SMA gue berkeinginan besar untuk melanjutkan kuliah di ibukota jakarta tepatnya di universitas Negeri Jakarta, gue pengen ambil jurusan tata rias, awalnya gue gak punya minat sedikitpun untuk masuk ke jurusan itu, tapi bokap selalu nyaranin gue buat ambil jurusan tata rias dengan berbagai alasan yang positif. Akhirnya gue tertarik dan mau ikutin usulan bokap gue. 

UAN berlangsung gue rajin banget belajar, ngikutin kegiatan belajar tambahan di sekolah demi  mendapatkan nilai yang bagus dan ikuti ujian nasional dengan jujur tanpa kegoda sama bocoran yang populer banget setiap Ujian Nasional. Dengan semua usaha gue, alhamdullilah, gue berhasil lulus SMA dengan nilai UAN yang cukup memuaskan. 

Karena gue masuk Top 10 di kelas, maka wali kelas gue nyaranin gue untuk ikutan SNMPTN. Tiba saatnya hari pengumuman dengan penuh percaya diri gue buka situs di internet dan gue kaget, ternyata gak keterima.

Gue gak menyerah sampe situ aja, masih ada jalur lain yaitu dengan mengikuti SBMPTN. Saat itu panlok di kota gue udah penuh, dengan terpaksa gue memberanikan diri untuk mengikuti tes SBMPTN ke Jakarta. Di sana gue ngekost sendirian, keadaan membuat gue harus belajar mandiri. Gue kesepian sendirian, gue takut sendirian, setiap malam gue berkutik dengan laptop gue, gue belajar di sebuah situs yang menggambarkan soal-soal SBMPTN. 

Tibalah hari dimana gue harus berjuang, Saat itu keadaan gue lagi gak fit, gue sakit alergi. Hal ini membuat gue sedikit merasa malu karna, seluruh wajah gue memerah seperti kepiting rebus, dan rasa gatal yang menyiksa. Itu membuat gue jadi gak nyaman, namun soal-soal SBMPTN menanti, di saat itu gue ngerjain semua soal-soal semampu gue, ya meskipun ada soal yang  buat gue gak mampu ngerjain tapi gue gak boleh putus asa, gue harus percaya sama diri gue sendiri bahwa gue mampu.
Beberapa minggu kemudian hasil SBMPTN diumumkan lewat situs internet. Segera mungkin gue membukanya, meskipun jantung gue dugem sebenernya gue agak pede dengan hasilnya. Malah gue punya rencana ngasih surprise ke nyokap, bokap. Begitu gue baca nama gue lagi-lagi GUE NGGAK LULUS. Mampus gue!!! Apa kata bokap gue nanti?  Sepanjang malam gue gak bisa tidur mikirin hasil pengumuman.

Kring...kring...kring... Telepon masuk dari bokap. Seketika wajah gue pucat berasa darah gue berhenti dan gak ngalir, badan gue dingin, gue gemeteran, gue panik gatau harus ngomong apa sama bokap gue kalo anaknya BELUM LULUS!!!
Detak jantung gue semakin cepat saat mendengar suara di balik telepon “Gimana nak? Keterima nggak?”
Dengan suara bergetar gue jawab telepon bokap gue, “Nggak keterima Pa...” Bokap gue jawab, “Yaudah mau ikut tes selanjutnya atau tunda tahun depan?” Dengan penuh keyakinan gue jawab, “Mau coba jalur yang terakhir pa... nggak ada salahnya kan pa, coba lagi?” Dengan malu gue mengajukan asumsi gue. Untung aja bokap gue lagi berbaik hati, jadi gue terhindar dari ocehannya yang super wow, bikin nangis. Haha

Lagi-lagi gue harus berjuang lebih keras kali ini, setiap hari gue belajar, berdoa, gue berusaha gimana caranya supaya kali ini gue gak bikin bokap sama nyokap gue gak kecewa untuk yang ke tiga kalinya. Tes jalur terakhir gue ngambil dua pilihan yaitu UMB-PTN dan UMB-PTS. Gue tetep ngambil jurusan tata rias di UMB-PTN dan karna waktu SMA dulu gue pernah pengen masuk jurusan Manajemen, gue berfikir saat itu masuk jurusan itu gak ada hitungannya, dan gue udah gak pede dan putus asa dengan semua ini maka gue pilih Manajemen di UMB-PTS. Kenapa gue harus ngambil dua jalur? Itu karna gue udah putus asa dan gak pede dengan hasil gue nanti. Namun gue tetap semangat, mengeluarkan seluruh kemampuan yang gue punya untuk menjawab soal-soal yang di ujikan.

Hari-hari yang gue lewatin gak tenang, karena jalur yang di tawarkan sudah habis. Gue pasrah, sama pengumuman nanti. Sore ini pengumuman pun di keluarkan di situs internet. Lagi-lagi gue panik kaya orang kebakaran jenggot. Rasanya pengen buka tapi takut, setelah diam sejenak dan berfikir buka atau nggak, gue memutuskan untuk membuak situs itu, bismillah... ya Allah berikanlah hasil yang terbaik buatku, amin, doa gue dalam hati. Loadingnya lama banget, sampe-sampe gue pengen nangis, teriak, atau loncat-loncat perasaan gue saat itu campur aduk. Akhirnya situs tersebut dapat di akses dan terpampang nyata RAYINA WIDANINGSIH “Selamat anda diterima di Manajemen S1 Universitas Gunadarma”

Rasa kecewa pasti ada, namun setidaknya gue udah berusaha semampu gue. Dan gue bicara terusterang sama bokap gue. Bokap gue pun mengerti. Saat itu gue memutuskan untuk mengambil kesempatan itu, akhirnya gue memilih Manajemen. Bokap menyetujui keinginan gue itu dan beliau selalu mendukung apapun pilihan gue.

Sampai saat ini, bokap selalu nyemangatin kuliah gue. Sekarang gue udah jadi anak mandiri, gue kost dan sekarang gue punya banyak teman di kampus. Gue mau jadi orang hebat yang sukses, yang berguna nggak cuma buat gue, tapi juga berguna bagi orang lain. Dan yang paling penting gue pengen buat nyokap sama bokap gue bangga karna usaha dan kemampuan gue sendiri, amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar